Selasa, 20 November 2012

Pengertian Tahdzir » Alfiyah bait 622-623-624

–·•Ο•·–

التَّحْذِيرُ وَالإغْرَاءُ

TAHDZIR DAN IGHRO’
إيَّـــــــاكَ والـــشــــرَّ ونـــحــــوَهُ نَـــصَــــبْ ¤ مُـــحَــــذِّرٌ بـــمــــا اسْــتِـــتَـــارُهُ وَجَــــــــبْ

Terhadap contoh Tahdzir “IYYAAKA WASY-SYARRA” (hati-hatilah terhadap hal yg tidak baik!) dan serupanya, Muhadzdzir (orang yg memberi peringatan) menashobkannya dengan Fi’il yg wajib disimpan.
ودُونَ عَـــطْــــفٍ ذا لإِيَّــــــــا انْــسُــبْــوَمَــا ¤ سِـــــواهُ سَــتْـــرُ فِـعْــلِــهِ لــــــنْ يَــلْــزَمَــا

Nisbatkanlah (yakni serupakan pada hukum wajib menyimpan Fi’il) terhadap Tahdzir dengan “IYYAA” yg tanpa athaf. Sedangkan Tahdzir tanpa “IYYAA” tidak wajib menyimpan Fi’ilnya..
إلَّا مَـــــــــعَ الـــعـــطـــفِ أو الـــتَّـــكـــرارِ ¤ كالـصَّـيْـغَـمَ الـضَّـيْـغَــمَ يـــــا ذا الــسَّـــارِي

Kecuali yg menyertai Athaf atau mengulang-ulang (maka wajib juga menyimpan Fi’ilnya) seperti contoh “ADHDHAIGHAM-ADHDHAIGHAM YAA DZAS-SAARIY” (awas Singa… awas Singa… wahai orang yg berjalan malam).

–·•Ο•·–

Pengertian Tahdzir adalah : memperingati mukhatab akan suatu yg tidak disenangi agar dihindari, contoh:
إياك والغيبةَ

IYYAAKA WAL-GHIIBATA = awas ghibah! (menggunjingkan orang lain)

Tahdzir ada dua macam :

1. Menggunakan IYYAAKA dan kawan-kawannya (IYYAAKI-IYYAAKUMAA-IYYAAKUM-IYYAAKUNNA)
2. Tanpa menggunakan IYYAAKA dkk.

Apabila Tahdzir menggunakan IYYAAKA dkk, maka wajib membuang/menyimpan Amil yg menashabkan secara mutlaq (baik menyertai Athaf atau tidak, baik amilnya diulang-ulang atau tidak)
Contoh Tahdzir dengan IYYAAKA yg menyertai Athaf :
إياك والتهاونَ بالصلاة

IYYAAKA WAT-TAHAAWUNA BISH-SHOLAATI = awas jangan mengabaikan sholat!

I’robnya :
IYYAAKA = Dhamir Munfashil mabni Fathah dalam posisi Nashob sebagai Maf’ul Bih dari Fi’il yg wajib dibuang, takdirannya IYYAAKA UHADZDZIRU (kepadamu aku memberi peringatan) asalnya UHADZDZIRUKA (aku memperingatkanmu) Dhamir Muttashil “KAF” yg menjadi Maf’ul Bih dirubah menjadi Dhamir Munfashil dan dikedepankan untuk faidah Hashr (membatasi) kemudian Fi’il berikut Faa’ilnya dibuang. Demikianlah peraturan yg berlaku bagi kalam Arab fashih dengan membuang Amil secara wajib.
WAT-TAHAAWUNA = Wawu huruf Athaf (ada yg menyebut Wawu Ma’iyah pada sebagian tempat). Tahaawuna menjadi Maf’ul Bih dari Fi’il yg wajib dibuang, takdirannya IHDZAR! (awas/waspadalah/hati-hati) jumlah Ma’thuf ini athaf pada jumlah sebelumnya laa mahalla minal-iraab.

Contoh dalam hadits Nabi saw bersabda :
إياك وإسبال الإزار

IYYAAKA WA ISBAALAL-IZAARI = awas hindari memanjangkan sarung/jubah
إياك إياكم والدخول على النساء

IYYAAKUM WAD-DUKHUULA ‘ALAN-NISAA’I = awas hindari mesuki ruang wanita.

I’robnya :
IYYAAKUM = Dhamir Munfashil mabni dhammah mahal Nashab menjadi Maf’ul BIh dari Fi’il yg wajib dibuang. huruf MIN tanda jamak.

Contoh Tahdzir dengan IYYAAKA yg tanpa Athaf :
إياك أن تتهاون بالصلاة

IYYAAKA AN TATAHAAWANA BISH-SHOLAATI = awas hindarilah meremehkan shalat!

I’rabnya:
IYYAAKA = sebagaimana contoh diatas
AN TATAHAAWANA = ditakwil mashdar majrur oleh huruf jar MIN muqaddar, jar-majrur berta’alluq pada Fi’il yg wajib dibuang takdirannya “IHDZAR” (awas/hati-hati/waspadalah).

Adapun penggunaan Tahdzir tanpa IYYAAKA dkk. maka tidak wajib menyimpan Fi’il/Amil nashab, kecuali menyertai Athaf atau Tikrar (pengulangan).

Contoh yg menyertai Athaf :
الكذبَ والخداعَ

AL-KIDZBA WAL KHIDAA’A = awas pembohongan dan penipuan!

I’robnya :
AL-KIDZBA = Maf’ul Bih dari Fi’il yg wajib dibuang takdirannya “IHDZAR!” (awas/hati2/waspada/hindari)
AL-KHIDAA’A = Ma’thuf Alaih.
Contoh yg tikrar (diulang-ulang) :
النميمةَ النميمةَ

AN-NAMIIMATA – AN-NAMIIMATA = awas provokasi/penghasutan

Irobnya :
AN-NAMIIMATA (1) = Maf’ul Bih dari Fi’il yg wajib dibuang takdirannya “IHDZAR!”
AN-NAMIIMATA (2) = Taukid Lafzhiy.

Dan apabila tidak ada Athaf atau tidak diulang-ulang, maka hukumnya boleh menyimpan Fi’il atau menampakkannya, contoh:
الرياء

AR-RIYAA’A = awas Riya’

Takdirannya IHDZAR AR-RIYAA’A.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar